Kamis, 19 Juli 2012

10 “Wanita” Cantik Oriental yang Terlahir Sebagai Pria

Banyak orang tidak menyadari, bahwa sebenarnya begitu banyak model transgender (waria) bermunculan di berbagai majalah dan film. Mereka terlihat layaknya model-model cantik yang menggoda, namun sebenarnya menyimpan organ reproduksi pria. Jika kita tidak tahu, kita pasti tidak akan bisa mengatakan bahwa mereka adalah seorang pria. Tapi percayalah, mereka benar-benar merupakan seorang pria yang telah merubah status gender-nya menjadi seorang perempuan. Bisakah Anda membedakan? Simak waria cantik berwajah oriental yang lahir sebagai laki-laki.

1. Harisu – Korea Selatan
Harisu adalah seorang penyanyi pop transeksual, yang juga seorang model dan aktris dari Korea Selatan. Terlahir sebagai laki-laki, Harisu sudah merasakan dirinya sebagai perempuan dari anak usia dini, dan menjalani operasi pergantian kelamin pada 1990-an. Dia terkenal karena menjadi penghibur transgender pertama di Korea Selatan, dan pada tahun 2002 menjadi orang kedua di Korea yang secara hukum mengubah gendernya. Nama panggungnya merupakan adaptasi dari frase Inggris “hot issue”.

2. Sirapassorn Atthayakorn – Thailand

Thailand mungkin merupakan negara dengan populasi transgender terbesar di Asia Tenggara. Thailand memiliki salah seorang miss transgender-nya yang terkenal bernama lengkap Sirapassorn Atthayakorn, yang juga dikenal sebagai Sammy. Atthayakorn adalah peraih gelar juara pada ajang kontes Miss International Queen pada 2011 silam.

3. Nong Poy – Thailand
Saknarin Marnyaporn, lahir pada tanggal 5 Oktober 1986, lebih dikenal dengan nama Nong Poy atau Treechada adalah seorang aktris dan model asal Thailand. Sebagai seorang anak, Poy merasakan dirinya seorangperempuan, tapi di depan orang tuanya, ia harus berpura-pura dan hidup sebagai laki-laki. Dia merasa jijik dengan alat kelamin “pria” nya, sehingga pada usia 17, ia menjalani operasi pergantian kelamin dan sejak itu, dia mengatakan bahwa dia merasa seolah-olah telah terlahir kembali. Pada usia 19, Poy memenangkan Miss Tiffany 2004, dan Miss International Queen 2004.

4. Alicia Liu – Taiwan
Alicia Liu, lahir di Taiwan sebagai seorang laki-laki. Dia adalah seorang model pemula pada umumnya sampai seseorang dari rekan SMA-nya mengungkap identitas asli gendernya kepada media pada tahun 2009. Pada tahun 2010 Alicia menunjukkan kartu identitas nasional resminya yang baru diterbitkan dalam sebuah wawancara bahwa dirinya sekarang perempuan. Dia mengakui merubah gendernya melalui operasi perubahan kelamin ketika dia berumur 18 tahun, yang didanai oleh pacar keduanya pada saat itu.

5. Chen Lili – Cina

Chen Lili lahir di bulan Februari, 1980. Dia adalah seorang penyanyi transeksual, model, dan aktris dari Cina. Dia menjadi dikenal secara luas pada tahun 2004 ketika dia bersaing dan di kontes kecantikan sebagai seorang wanita.
Bernama asli Chen Yongjun, ia merubah status gendernya melalui operasi kelamin di Qingdao pada November 2003. Pada tanggal 11 Februari 2004, ia mengeluarkan KTP identitas perempuannya oleh Biro Keamanan Publik Nanchong.

Chen berusaha untuk bersaing di kontes Miss Universe pada awal 2004. Meskipun Miss Universe Cina berkomitmen awalnya bahwa ia akan diizinkan untuk berpartisipasi. Namun, pada tanggal 25 Februari, mereka menarik kembali keputusannya, yang menyatakan Chen tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi karena dia bukan “perempuan asli.” Meskipun dilarang dari kompetisi, Chen tetap diberi kesempatan untuk tampil di acara tersebut. Chen Lili adalah wanita transeksual pertama yang mencoba bersaing di kontes Miss Universe.


6. Nina Poon – Vietnam/Amerika

Nina Poon lahir pada 1975 di Saigon, Vietnam. Nina Poon berimigrasi dengan keluarganya pada tahun 1978 ke Orlando, Florida pada usia empat tahun. Nina mengambil minat awal dalam mode dan ilustrasi dan masuk ke Sekolah Tinggi Seni Rupa Internasional Miami. Pada usia 17 tahun, Nina meninggalkan rumah untuk memenuhi mimpinya menjadi seorang perancang busana.
Nina saat ini tinggal di New York dengan kekasihnya, Robert Jason peraih penghargaan Emmy sebagai produser dan sutradara film. Nina juga terus menikmati pekerjaannya sebagai penata rias, fashion ilustrator dan baru-baru ini menambahkan daftar skill-nya sebagai foto retouching yang berbakat.

7. Lee Si-yeon – Korea Selatan

Lee Si-yeon lahir sebagai Lee Dae-hak pada tanggal 24 Juli 1979. Dia adalah seorang aktris dan model transeksual Korea Selatan. Lee memulai debutnya sebagai model laki-laki dengan nama kelahirannya Dae-hak, menjadi terkenal karena penampilan feminin dan mengenakan pakaian wanita di atas catwalk, tapi akhirnya ingin mengejar karir sebagai aktor. Dia muncul dalam film My Boss, My Hero (2001) dan Sex Is Zero (2002), dalam peran laki-laki banci, tetapi merasa ditekan untuk memotong rambut dan membangun otot. Lee tumbuh semakin tidak bahagia, membuat beberapa upaya bunuh diri sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang wanita.
Mengadopsi nama yang diberikan Si-yeon, Lee menjalani operasi pergantian kelamin pada tahun 2007, dan mengaku memiliki keraguan atas seksualitasnya sejak berada di sekolah menengah. Dia kembali ke akting akhir tahun yang sama di sekuel Sex Is Zero 2, dengan karakternya dari film asli sekarang juga transeksual. Lee mengumumkan perubahan seks sebelum rilis film itu.

8. Yasmin Lee – Thailand/Amerika
Ficheiro:Yasmin Lee 2009.jpg
Yasmin Lee lahir pada tanggal 3 Juni 1983. Dia adalah seorang aktris film Amerika transeksual dan model. Dia aslinya berasal dari Thailand, berdarah Kamboja, Cina, dan Brasil. Keluarganya pindah dari Thailand ke Filipina sebelum akhirnya menetap di Orange County, California.
Dia bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat pada usia 18, tapi keluar setelah mengalami pelecehan seksualitas. Dia beralih profesi sebagai seorang penghibur dan make-up artist. Dia bekerja sebagai artis make-up untuk aktris Hollywood dan set musik video. Setelah mulai transisi, dia meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang seniman make-up karena takut diskriminasi transphobic dan mulai bekerja sebagai asisten pada set pornografi. Dia telah memerankan berbagai karakter di TV termasuk The Maury Povich Show dan The Tyra Banks Show. Selain itu, ia telah bermain di beberapa film, Red Ice, The Hangover Part II.

9. Helen Wong – Cina

Helen Wong lahir pada tanggal 10 Agustus 1973 di Guizhou, Cina. Dia lebih dikenal dengan Allenina nama panggungnya. Dia kini berbasis di Los Angeles sebagai model, aktris, penari dan sutradara film. Allenina dibesarkan di Hong Kong dan bermigrasi ke Amerika Serikat pada usia 17. Allenina adalah wanita transgender yang meraih gelar Bachelor of Fine Arts dari University of Southern California.

10. Alicia Liu – Taiwan
Alicia Liu, lahir di Taiwan sebagai seorang laki-laki. Dia adalah seorang model pemula pada umumnya sampai seseorang dari rekan SMA-nya mengungkap identitas asli gendernya kepada media pada tahun 2009. Pada tahun 2010 Alicia menunjukkan kartu identitas nasional resminya yang baru diterbitkan dalam sebuah wawancara bahwa dirinya sekarang perempuan. Dia mengakui merubah gendernya melalui operasi perubahan kelamin ketika dia berumur 18 tahun, yang didanai oleh pacar keduanya pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar